Nomor referensi merupakan nomor unik dari pihak pengirim. Nomor unik tersebut bertujuan agar pihak penerima mengetahui bahwa anda yang transfer uang tersebut.

Jika ingin melakukan pembayaran / transfer antar bank BRI, BNI, BCA, Mandiri, Bank BTN, Permata, dan bank lainnya dan pada bagian menu diminta nomor referensi maka bisa memasukkan nomor referensi anda sendiri.

Misal saya ingin membayar uang SPP kuliah dengan NIM (nomor induk mahasiswa) 77812260, maka ketika saya melakukan pembayaran dan di bagian nomor referensi di isi 77812260, sebagai tanda bahwa yang punya nim tersebut sudah melakukan pembayaran. dimana pada bagian mutasi penerima akan muncul nomor referensi itu. Bayangin aja jika dalam sehari ada yang transfer dengan nomimal yang sama tanpa nomor referensi akan sangat sulit dilacak, maka itulah pentingnya nomor referensi.

Anda bisa juga menggunakan nomor HP sebagai nomor referensi misal nomor hp 085277812260, maka ambilah 6 angka belakang nomor hp tersebut, maka 812260 sebagai nomor referensi.
atau bisa juga menggunakan tanggal transfer sebagai nomor referensi, misal hari ini tanggal 26 oktober 2019, maka nomor referensinya 26102019.

note: nomor referensi tidak sama dengan kode transfer antar bank
kode transfer diisi diawal nomor rekening tujuan, sedangkan nomor referensi diisi pada menu/bagian nomor referensi.

terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat

Facebook Comments
1
Hallo...
Apa yang bisa kami bantu ?
Powered by