AirBnB menjadi salah satu tren yang sudah tidak asing lagi di kalangan para traveller terutama traveller mancanegara. Konsep yang diusung hampir sama seperti Gojek, Grab, maupun Uber yang mana AirBnB mencari orang-orang yang memiliki tempat tinggal layak dan bersedia untuk menyediakannya sebagai tempat sewa dengan tarif harian, mingguan, maupun bulanan. Kehadiran salah satu startup ini tentu menjadi warna baru dalam dunia bisnis perhotelan dan penginapan yang biasanya cenderung lebih mahal. AirBnB menjadi solusi bagi para traveller yang ingin berlibur ke berbagai tempat di belahan dunia ini namun memiliki budget yang terbatas. Para pelancong atau traveller tidak perlu bingung lagi dan khawatir menginap di penginapan atau hotel yang biasanya disewakan dengan harga cukup mahal dibandingkan AirBnB ini.

Selain menjadi solusi bagi para budget traveller, adanya AirBnB ini juga menjadi sumber penghasilan baru bagi Host yang menyediakan rumahnya untuk disewakan. Tentu saja hal ini menjadi investasi yang cukup menjanjikan karena pundi-pundi uang akan terus mengalir selama ada orang yang mau menggunakan jasa hospitality yang telah kita sediakan. Para Host biasanya akan menuliskan deskripsi rumah hunian secara lengkap dan detail termasuk rules atau aturan-aturan yang diberlakukan selama stranger tinggal di hunian tersebut. Termasuk gambar atau foto yang jelas yang merepresentasikan dan menunjukkan calon hunian para traveller tersebut. Dengan adanya detail yang jelas dan lengkap biasanya akan lebih memudahkan traveller untuk mempertimbangkan dan mengambil keputusan penginapan mana yang akan digunakan.

Menggunakan AirBnB untuk dijadikan tempat menginap selama berlibur, tentu akan memberikan pengalaman baru dalam hal akomodasi yang tidak akan terlupakan. Karena ketika menginap di rumah orang tentu kita harus mengikuti aturan dan tata krama yang mungkin tidak sebebas ketika menginap di hotel maupun penginapan lainnya. Sebagai tamu yang menginap tentu harus paham tentang sopan santun, tata krama, serta teknis ketika memesan kamar melalui AirBnB agar mudah mendapatkan host dan tidak di blacklist di kemudian hari. Jika kita memesan penginapan melalui AirBnB, kita harus ingat bahwa host merupakan peran tertinggi dalam memutuskan apakah kita sebagai pemesan bisa menginap di tempat tinggal host atau tidak.

Untuk melakukan pemesanan AirBnB pun sangat mudah sama halnya ketika kita memesan melalui situs pemesanan hotel atau penginapan di marketplace lainnya. Namun, AirBnB melarang keras bagi siapapun tamu yang hendak memesan atau host yang menyediakan tempat hunian untuk menanyakan dan menyebutkan website, alamat, alamat e-mail, nomor telepon, dan nomor rekening pembayaran untuk transfer. Hal ini dilarang karena booking melalui AirBnB hanya bisa dilakukan melalui website saja. Tentu saja hal ini berkaitan dengan bisnis yang dijalankan agar AirBnB juga menjdapatkan komisi dengan menyediakan platform yang memudahkan para traveller yang ingin berlibur dalam mencari penginapan dan hunian yang murah dan layak.

Secara umum, pemesanan dan pembayaran untuk AirBnB harus melalui website dengan menggunakan PayPal atau kartu kredit. Sebelum memesan dan melakukan pembayaran, tentu kita harus mendaftar di situs AirBnB.com atau link diskon www.airbnb.com/ untuk mendapatkan potongan Rp 350.000,00. Berikut ini cara-caranya:

  1. Tulis profil secara lengkap di akun AirBnB yang kita daftarkan

Perlu diingat bahwa sistem dan konsep yang diusung AirBnB ini adalah mengandalkan kepercayaan. Sehingga sangat penting untuk menuliskan profil secara lengkap dan jelas sebelum kita mengajukan pemesanan kepada host atau tuan rumah. Karena host dan tuan rumah akan melihat profil kita terlebih dahulu sebelum memberikan konfirmasi apakah bisa menginap di tempatnya atau tidak. Jangan lupa sertakan foto dan verifikasi dikarenakan beberapa tuan rumah ada yang mewajibkan tamu memiliki foto profil dan identitas yang terverifikasi.

  1. Pilihlah tempat yang nyaman dan kalian sukai

Menginap di tempat yang nyaman tentu menjadi prioritas para traveller yang berlibur ke luar kota maupun luar negeri. Ada banyak sekali pilihan yang ditawarkan melalui aplikasi AirBnB ini dengan keunikan dan kelebihan masing-masing. Pastikan kalian memilih tempat tinggal yang nyaman dan kalian sukai agar tidak kecewa ketika sedang berlibur di sana. Baca ulasan-ulasan dari orang lain, rules, deskripsi tempat, juga fasilitas yang tersedia sebagai bahan pertimbangan. Tentukan tanggal check-in dan check-out sekaligus informasikan berapa orang yang akan menginap di hunian tersebut.

  1. Lakukan pemesanan

Jika sudah merasa cocok dengan tempat tinggal yang dipilih, langkah selanjutnya adalah melakukan pemesanan resmi. Ada  2 metode pemesanan yang disediakan oleh tuan rumah, yaitu:

  • Pemesanan instan bisa dipesan secara instan dan biasanya disediakan bagi tuan rumah yang tidak ingin repot-repot menyetujui reservasi satu per satu. Sehingga ketika kita menggunakan tombol instant booking kita bisa langsung menginap di tempat tinggal yang kita pilih tersebut tanpa menunggu konfirmasi atau approval dari tuan rumah
  • Pengajuan pemesanan dilakukan ketika tempat tinggal yang kita pilih tidak tersedia pilihan instant booking sehingga harus menunggu tuan rumah untuk memberikan konfirmasi terlebih dahulu. Sistem yang seperti ini lebih banyak disukai tuan rumah karena cenderung lebih aman dan untuk mengantisipasi kehadiran tamu yang bisa membuat keonaran.
  1. Pembayaran sewa hunian

Sistem pembayaran yang disediakan di website atau aplikasi AirBnB hanya menerima 2 metode yaitu PayPal dan Kartu Kredit. Sehingga pastikan kalian memiliki akun PayPal dan Kartu Kredit terlebih dahulu sebelum melakukan pemesanan. Lalu bagaimana jika kita tidak mempunyai akun PayPal dan Kartu Kredit tersebut serta tidak mau ribet mengurusnya? Tidak perlu khawatir karena saat ini sudah tersedia berbagai situs yang memberikan kemudahan dalam jasa pembayaran AirBnB bagi pelanggan yang tidak memiliki PayPal dan Kartu Kredit.

Salah satu situs yang menyediakan jasa pemesanan dan pembayaran online AirBnB ini adalah www.acehgoonline.com. Melalui situs ini kalian yang tidak memiliki PayPal dan Kartu Kredit bisa menggunakan jasa yang ditawarkan acehgoonline untuk melakukan pemesanan sekaligus pembayaran.

Melalui jasa pembayaran ini kita tinggal menghubungi kontak jasa pembayaran AirBnB dan memberikan beberapa data seperti link/ulr kamar/rumah/appartment yang mau disewakan di airbnb, tanggal chekin- tanggal check out, dan jumlah tamu/guest yang datang. Setelah itu pihak acehgoonline akan memberikan rincian total biaya yang harus dibayarkan ke pihak acehgoonline. Pembayaran ke pihak airbnb dilakukan setelah dana transfer ke acehgoonline di terima.

Dengan menggunakan jasa pembayaran airbnb, sehingga kita tidak perlu repot-repot melakukan dan mengurus pembayaran AirBnB sendiri dan tinggal terima jadi saja karena semuanya akan diurus oleh pihak jasa pembayaran.

Chat WhatsApp klik here

Facebook Comments
1
Hallo...
Apa yang bisa kami bantu ?
Powered by